General Terms & Conditions RAMI

1. PENDAHULUAN

1.1 Selamat datang di Aplikasi RAMI. Silakan baca Syarat Layanan berikut dengan cermat sebelum menggunakan Aplikasi ini agar anda mengetahui tentang hak dan kewajiban hukum anda sehubungan dengan layanan yang kami berikan atau sediakan.

1.2 Layanan termasuk layanan aplikasi yang menyediakan tempat dan peluang untuk melakukan transaksi antara penjual dan pembeli.

1.3 Dengan menggunakan aplikasi RAMI atau membuka akun, berarti Anda telah menerima dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

1.4 Apabila anda tidak menyetujui ketentuan ini, mohon jangan menggunakan layanan kami.

1.5 Apabila anda di bawah usia 17 tahun atau belum menikah dan berada dibawah pengampuan, anda harus mendapatkan izin dari orang tua atau wali untuk membuka akun dan orang tua atau wali tersebut harus menyetujui ketentuan perjanjian ini. Apabila anda tidak memahami bagian ini, mohon jangan membuat akun sampai anda telah meminta bantuan orang tua atau wali anda. Apabila anda adalah orang tua atau wali anak di bawah umur yang membuat akun, anda harus menerima ketentuan perjanjian ini atas nama anak di bawah umur tersebut dan anda akan bertanggung jawab atas semua penggunaan akun atau layanan perusahaan yang menggunakan akun tersebut, baik apakah akun tersebut sudah dibuka saat ini atau dibuat di masa mendatang.

 

2. PRIVASI

2.1 Privasi anda sangatlah penting bagi kami di RAMI. Untuk melindungi hak-hak anda dengan lebih baik kami telah menyediakan Kebijakan Privasi RAMI untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Silakan baca  Kebijakan privasi dibawah ini untuk memahami bagaimana RAMI mengumpulkan dan menggunakan informasi yang berkaitan dengan Akun anda dan/atau penggunaan Layanan oleh anda. Dengan menggunakan Layanan atau memberikan informasi di Situs, anda:

2.1.1 Menyetujui tindakan RAMI untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah Konten, data pribadi dan Informasi Pengguna anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi

2.1.2 Menyetujui dan mengakui bahwa hak kepemilikan atas Informasi Pengguna dimiliki secara bersama oleh anda dan RAMI; dan

2.1.3 Tidak akan, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengungkapkan Informasi Pengguna anda kepada setiap pihak ketiga, atau sebaliknya memperbolehkan setiap pihak ketiga untuk mengakses atau menggunakan Informasi Pengguna anda, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari RAMI.

2.2 Keamanan dan kerahasiaan Akun Anda sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi Anda. Segala kerugian dan risiko yang timbul dari kelalaian Anda dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan tersebut menjadi tanggungan Anda.

 

3. PERANGKAT LUNAK

Aplikasi perangkat lunak dapat di download pada Google Play Store atau Apple App Store, dan untuk digunakan di ponsel atau perangkat tablet saja.

 

4. AKUN DAN KEAMANAN

4.1 Sebelum menggunakan aplikasi RAMI anda harus menyetujui Syarat penggunaan dan kebijakan privasi ini, dan mendaftarkan diri anda dengan memberikan informasi yang kami butuhkan.

4.2 Saat mendaftar, anda akan diminta untuk memberikan nama lengkap, alamat e-mail dan nomor ponsel yang valid.

4.3 Setelah mendaftar, system kami akan secara otomatis mengirimkan kode verivikasi melalui SMS ke nomor ponsel yang telah anda daftarkan. Anda harus memverifikasi dengan memasukkan kode verifikasi pada halaman registrasi di Aplikasi.

4.4 Setelah memverifikasi, system kami akan membuat akun RAMI pribadi bagi anda untuk menggunakan aplikasi dan memesan layanan melalui aplikasi.

4.5 Anda hanya dapat mendaftarkan satu e-mail atau satu nomor ponsel untuk satu akun.

4.6 Apabila anda keluar (logout) dari Akun, maka Anda harus memasukkan kembali alamat e-mail atau nomor ponsel yang Anda berikan saat mendaftar dan memasukkan kode verifikasi, yang kemudian secara otomatis dikirim oleh sistem Kami ke nomor ponsel yang terdaftar di halaman login.

4.7 Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk semua kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan ID Pengguna dan Akun anda bahkan bila kegiatan atau penggunaan tersebut tidak dilakukan oleh anda. RAMI tidak akan bertanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan yang timbul dari penggunaan tanpa izin atas kata sandi anda atau kegagalan anda untuk mematuhi Bagian ini.

 

5. PERSYARATAN PENGGUNAAN

5.1 Izin untuk menggunakan Situs dan Layanan ini berlaku sampai diakhiri. Izin ini akan berakhir sebagaimana diatur dalam Syarat Layanan ini atau jika anda gagal mematuhi persyaratan atau ketentuan apapun dari Syarat Layanan ini. Dalam hal demikian, RAMI dapat melakukan pengakhiran tersebut dengan atau tanpa memberikan pemberitahuan kepada anda.

5.2 Anda setuju untuk tidak:

5.2.1 Mengunggah, memasang (posting), mengirimkan atau menyediakan Konten yang melanggar hukum, berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, mengkhawatirkan, meresahkan, memfitnah, vulgar, cabul, penuh kebencian, atau mengandung unsur SARA atau lainnya;

5.2.2 Melanggar undang-undang, termasuk dengan tidak terbatas pada undang-undang dan peraturan sehubungan dengan batasan ekspor dan impor

5.2.3 Mengunggah, mengirimkan atau sebaliknya menyediakan Konten  yang menampilkan anak di bawah umur tanpa pengawasan atau menggunakan Layanan untuk merugikan anak di bawah umur dengan cara apapun;

5.2.4 Menggunakan Layanan atau mengunggah Konten untuk menyamar sebagai orang atau entitas lain, atau kalau tidak memalsukan afiliasi anda dengan seseorang atau suatu entitas;

5.2.5 Menggunakan Layanan untuk manfaat pihak ketiga atau dengan cara yang tidak diizinkan oleh izin yang diberikan di sini;

5.2.6 Menggunakan Layanan atau mengunggah Konten dengan cara yang menipu, membohongi, memalsukan, menyesatkan, atau memperdayakan ;

5.2.7 Membuka dan/atau mengoperasikan beberapa akun pengguna sehubungan dengan tindakan yang secara jelas melanggar Syarat Layanan ini atau maksud dari Syarat Layanan ini;

5.2.8 Memanipulasi harga barang apapun atau mengganggu daftar Pengguna lain;

5.2.9 Melakukan tindakan yang dapat merusak sistem umpan balik atau peringkat;

5.2.10 Mencoba mendekompilasi, merekayasa balik, membongkar atau meretas Layanan (atau bagian apapun darinya), atau mengalahkan atau mengatasi teknologi enkripsi atau langkah-langkah keamanan yang diimplementasikan oleh RAMI sehubungan dengan Layanan dan/atau data yang dikirim, diolah atau disimpan oleh RAMI;

5.2.11 Memungut atau mengumpulkan informasi apapun tentang atau mengenai pemegang Akun lain, termasuk data atau informasi pribadi apapun;

5.2.12 Mengunggah, mengirim email, memposting, mengirimkan atau menyediakan Konten apapun yang melanggar hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta atau hak kepemilikan lainnya dari pihak mana pun;

5.2.13 Melakukan tindakan atau terlibat dalam perilaku yang secara langsung atau tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani secara berlebihan, atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan;

5.2.14 Menggunakan Layanan untuk sengaja atau tidak sengaja melanggar hukum, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan atau peraturan setempat, negara bagian, nasional atau internasional yang berlaku termasuk, dengan tidak terbatas pada, undang-undang dan persyaratan (baik yang berkekuatan hukum maupun tidak) yang berkaitan dengan anti pencucian uang atau anti terorisme.

5.2.15 Menggunakan Layanan untuk melanggar privasi pihak lainnya atau untuk "menguntit" atau mengganggu pihak lain;

5.3 Anda memahami bahwa semua Konten, baik yang diposting untuk umum atau dikirimkan secara pribadi, merupakan tanggung jawab tunggal orang dari mana Konten tersebut berasal. Ini berarti anda, dan bukan RAMI, bertanggung jawab penuh untuk semua Konten yang anda unggah, posting, kirim melalui email, kirimkan atau sediakan melalui Aplikasi.

5.4 Anda mengakui bahwa RAMI dan pihak yang ditunjuk olehnya berhak untuk menghapus Konten (i) yang melanggar Syarat Layanan ini atau Kebijakan Barang Yang Dilarang dan Dibatasi; (ii) jika kami menerima keluhan dari Pengguna lain; (iii) jika kami menerima pemberitahuan atau dugaan tentang pelanggaran kekayaan intelektual atau instruksi hukum atau permintaan lainnya untuk penghapusan; atau (iv) jika Konten tersebut tidak pantas.

 

6. PELANGGARAN TERHADAP SYARAT LAYANAN RAMI

6.1 Pelanggaran terhadap kebijakan ini dapat mengakibatkan berbagai tindakan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, salah satu atau semua dari hal-hal berikut ini:

6.1.1 Penghapusan daftar

6.1.2 Batasan diberlakukan pada hak Akun

6.1.3 Penangguhan dan pengakhiran akun

6.1.4 Tuntutan pidana 

6.1.5 Tindakan perdata, termasuk dengan tidak terbatas pada klaim untuk kerugian dan/atau ganti rugi sementara atau perintah ganti rugi oleh pengadilan.

6.2 Apabila anda yakin bahwa seorang Pengguna di Situs kami melanggar Syarat Layanan ini, silakan hubungi (e-mail)

 

7. MELAPORKAN PELANGGARAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

7.1 Sebagaimana disebutkan di atas, RAMI tidak mengijinkan pendaftaran produk (listing) yang melanggar hak kekayaan intelektual dari suatu merek atau pemilik dari hak kekayaan intelektual lainnya

7.2 Masing-masing Penjual setuju untuk menjamin dan membebaskan RAMI dan Afiliasinya dari seluruh klaim, penyebab dari tindakan, kerugian dan keputusan yang timbul dari setiap penghapusan Konten atau pendaftaran produk sesuai dengan atau sehubungan dengan keluhan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

 

8. PEMBELIAN DAN PEMBAYARAN

RAMI mendukung satu atau lebih metode pembayaran berikut:

8.1 Kartu kredit : Pembayaran dengan kartu diproses melalui saluran pembayaran dan jenis kartu kredit yang diterima oleh saluran pembayaran ini mungkin bervariasi tergantung pada yurisdiksi tempat anda berada;

8.2 Cash on Delivery (COD) : RAMI menyediakan layanan COD untuk wilayah yang terjangkau oleh RAMI. Pembeli dapat membayar tunai langsung kepada agen pengiriman setelah menerima barang yang beli;

8.3 Transfer Bank : Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau transfer bank via internet ke Rekening RAMI kami yang tersedia.

8.4 QRIS : Pembeli dapat melakukan pembayaran dengan cara scan kode QRIS yang telah disediakan

8.5 RAMI tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki kewajiban apapun untuk setiap kerugian atau kerusakan terhadap Pembeli yang timbul dari informasi pengiriman dan/atau informasi pembayaran yang dimasukkan oleh Pembeli atau pengiriman uang yang salah oleh Pembeli sehubungan dengan pembayaran untuk barang yang dibeli.

 

9. TANGGUNG JAWAB PENJUAL

9.1 Penjual harus mengelola dengan baik dan memastikan bahwa informasi relevan seperti harga dan rincian barang, jumlah persediaan serta syarat dan ketentuan penjualannya diperbarui pada daftar Penjual dan tidak boleh memposting informasi yang tidak akurat atau menyesatkan.

9.2 Harga barang yang dijual akan ditentukan oleh Penjual atas kebijakannya sendiri. Harga barang dan biaya kirim harus termasuk seluruh jumlah yang akan dikenakan kepada Pembeli seperti pajak penjualan, pajak pertambahan nilai, ongkos, dsb. dan Penjual tidak boleh mengenakan jumlah semacam itu sebagai tambahan dan secara terpisah kepada Pembeli.

9.3 Penjual setuju bahwa atas kebijakannya RAMI dapat terlibat dalam kegiatan promosi untuk mendorong transaksi antara Pembeli dan Penjual dengan mengurangi, memotong atau mengembalikan biaya, atau dengan cara lain. Penyesuaian tersebut akan berlaku atas harga akhir yang akan dibayar oleh Pembeli.

9.4 Untuk tujuan mempromosikan penjualan dan item yang dicantumkan oleh Penjual, RAMI dapat memposting barang tersebut (dengan harga yang disesuaikan) pada situs web pihak ketiga (seperti situs portal dan situs perbandingan harga) dan situs web lainnya (dalam atau luar negeri) yang dioperasikan oleh RAMI.

9.5 Penjual harus mengeluarkan tanda terima, slip kartu kredit atau faktur pajak kepada Pembeli atas permintaan.

9.6 Penjual mengakui dan setuju bahwa Penjual akan bertanggung jawab untuk membayar seluruh pajak, bea dan cukai untuk barang yang dijual dan RAMI tidak dapat memberikan nasihat hukum atau pajak terkait hal ini. Karena undang-undang dan peraturan pajak yang dapat berubah dari waktu ke waktu, Penjual disarankan untuk mencari nasihat profesional jika mengalami keraguan.

9.7 Penjual mengakui dan setuju bahwa pelanggaran Penjual terhadap salah satu kebijakan RAMI akan mengakibatkan berbagai tindakan seperti yang tercantum dalam Bagian 6.1.

 

10. TANGGUNG JAWAB PENGGUNA

10.1 Anda bertanggung jawab penuh atas keputusan yang anda uat untuk menggunakan aplikasi, layanan, penawaran, maupun metode pembayaran

10.2 Anda bertanggungjawab sepenuhnya atas kerugian dan / atau klaim yang timul dari penggunaan aplikasi, baik oleh anda ataupun pihak lain yang menggunakan akun anda.

 

11. PERMASALAHAN

11.1 Dalam hal timbul masalah dalam suatu transaksi, Pembeli dan Penjual setuju untuk terlebih dahulu berkomunikasi satu sama lain untuk menyelesaikan permasalahan atas dasar diskusi bersama. Apabila permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan atas dasar diskusi bersama, Pengguna dapat pergi ke pengadilan klaim di yurisdiksi setempat mereka untuk menyelesaikan setiap masalah yang timbul dari suatu transaksi.

11.2 Masing-masing Pembeli dan Penjual berjanji dan setuju bahwa pihaknya tidak akan membawa gugatan atau sebaliknya menyatakan klaim atau komplain (baik perdata atau pidana) terhadap RAMI (kecuali dimana RAMI adalah Penjual dari produk yang terkait dengan klaim) sehubungan dengan setiap transaksi yang dibuat di aplikasi atau permasalahan yang terkait dengan transaksi tersebut.

 

12. KRITIK DAN SARAN

RAMI menyambut informasi, kritik dan saran dari Pengguna kami yang akan memungkinkan RAMI meningkatkan kualitas layanan yang disediakan. Silakan lihat prosedur kritik dan saran kami di bawah ini untuk informasi lebih lanjut:

a. Kritik dan saran dapat dibuat secara tertulis melalui email atau melalui telepon dengan nomor ………..

b. Pengguna yang terkena dampak kritik dan saran harus sepenuhnya diberi tahu tentang semua fakta dan diberi kesempatan untuk menjelaskan masalah dari sudut pandang mereka.

c. Kritik dan saran yang tidak jelas dan memfitnah tidak akan dilayani.

 

13. PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB

13.1 Sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, dalam keadaan apapun RAMI tidak akan bertanggung jawab baik dalam hal kontrak, garansi, perbuatan melawan hukum (termasuk, dengan tidak terbatas pada, pengabaian (baik apakah aktif, pasif atau diperhitungkan), kewajiban produk, kewajiban ketat atau teori lainnya), atau penyebab lainnya dari tindakan hukum, dalam keadilan, oleh undang-undang atau hal lainnya, untuk:

13.2 (a) hilangnya penggunaan; (b) hilangnya keuntungan; (c) hilangnya pendapatan; (d) hilangnya data; (e) hilangnya good will; atau (f) kegagalan merealisasikan simpanan yang diperkirakan, untuk setiap kasus baik secara langsung maupun tidak langsung; atau

13.3 Setiap kerugian tidak langsung, insidentil, khusus atau konsekuensial, yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan situs ini atau layanan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap kerugian yang diakibatkan olehnya, bahkan jika RAMI telah diberi tahu tentang kemungkinan kerugian tersebut.

13.4 Anda mengakui dan setuju bahwa satu-satunya hak anda sehubungan dengan setiap masalah atau ketidakpuasan dengan layanan adalah untuk meminta pengakhiran akun anda dan/atau berhenti menggunakan layanan.

13.5 Tidak ada hal apapun dalam syarat layanan ini yang akan membatasi atau mengecualikan tanggung jawab untuk kematian atau cedera pribadi yang disebabkan oleh kelalaian RAMI, untuk penipuan atau untuk tanggung jawab lain pada pihak RAMI yang tidak dapat dibatasi dan/atau dikecualikan secara hukum.

 

14. PERNYATAAN DAN JAMINAN ANDA

Anda menyatakan dan menjamin bahwa:

a. Anda memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal anak di bawah umur, persetujuan yang sah dari orang tua atau wali), hak dan kemampuan untuk mengikatkan diri pada Syarat Layanan ini dan mematuhi ketentuan-ketentuannya; dan

b. Anda akan menggunakan Layanan untuk tujuan yang sah saja dan sesuai dengan Syarat Layanan ini serta semua undang-undang, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku.

 

15. PENIPUAN ATAU AKTIVITAS YANG MENCURIGAKAN

Jika RAMI, atas kebijakannya sendiri, meyakini bahwa anda mungkin telah terlibat dalam aktivitas dan/atau transaksi yang berpotensi sebagai penipuan atau mencurigakan, kami dapat melakukan berbagai tindakan untuk melindungi RAMI, Pembeli atau Penjual lainnya, pihak ketiga lainnya atau anda dari Pembalikan (Reversals), Penagihan Balik (Chargebacks), Klaim, biaya, denda, penalti dan kewajiban lainnya. Tindakan yang mungkin dapat kami ambil termasuk namun tidak terbatas pada:

a. Kami dapat menutup menangguhkan, atau membatasi akses anda ke Akun atau Layanan, dan/atau menangguhkan pemrosesan transaksi;

b. Kami mungkin menolak memberikan Layanan kepada anda untuk sekarang dan di masa depan;

 

16. KONDISI DI LUAR KENDALI / FORCE MAJEURE

Aplikasi RAMI dapat terganggu oleh peristiwa di luar kewenangan atau kendali Kami, termasuk bencana alam, gangguan listrik, kegagalan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan peristiwa lainnya.

 

17. HAL-HAL LAIN

17.1 Ketika anda menekan tombol “Daftar” pada aplikasi RAMI, berarti anda sepenuhnya memahami dan setuju terhadap segala ketentuan penggunaan yang berlaku.

17.2 Ketika anda menekan tombok “Masuk” / “Login”  saat masuk ke akun Anda, kami menganggap hal itu terjadi atas persetujuan aktif Anda untuk masuk ke dalam perjanjian dengan Kami bahwa Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi ini sah dan mengikat secara hukum dan akan terus berlanjut selama Anda menggunakan Aplikasi atau Layanan RAMI

17.3 Anda tidak boleh menuntut atau menolak keabsahan Ketentuan Penggunaan ini atau Kebijakan Privasi yang dibuat dalam bentuk elektronik.

17.4 Ketentuan Penggunaan ini diatur oleh hukum Republik Indonesia. Setiap dan semua sengketa yang timbul dari penggunaan Aplikasi atau Layanan tunduk pada yurisdiksi eksklusif Pengadilan Negeri Kota Padang.

17.5 Anda dapat menghubungi Kami melalui surat elektronik ke (………………) atau melalui telepon dengan nomor (……………….). Semua korespondensi Anda akan dicatat, dicatat dan disimpan untuk catatan Kami.

 

Saya telah membaca dan memahami semua Ketentuan Penggunaan ini dan konsekuensinya dan dengan ini menerima hak, kewajiban, dan ketentuan yang ditetapkan di dalamnya. Dengan menekan “Daftar” saya memahami bahwa saya sedang membuat tanda tangan digital, yang saya maksudkan untuk memiliki kekuatan dan akibat yang sama seperti bila saya menandatangani nama saya secara manual.